Wednesday, July 27, 2011

Ulas Strategi Jelang Laga Indonesia vs Turkmenistan (Pra Piala Dunia 2014)

Berita Bola: Ulas Strategi Jelang Laga Indonesia vs Turkmenistan (Pra Piala Dunia 2014). Di partai pertama lalu, yang menjadi masalah utama timnas adalah kondisi lapangan Olympic Stadium yang sangat buruk. Bagaimanapun faktor lapangan sangat mempengaruhi penampilan dalam sebuah pertandingan. Tapi syukurlah hal itu tak terlalu mempengaruhi para pemain.

Terbukti mereka mampu mengimbangi permainan tuan rumah dan membawa pulang satu angka (baca: Hasil dan Video Pertandingan Turkmenistan vs Indonesia). Ini menjadi keuntungan kita yang menjadi tuan rumah di leg kedua, hari ini Kamis, 28 Juli 2011.

Dari segi kualitas, penampilan Turkmenistan di leg pertama tak istimewa. Dalam artian, mereka tidak lebih baik dari timnas. Memang, jika dilihat dari segi postur pemain, mereka lebih unggul. Tapi pemain timnas bisa menyiasati hal itu dengan faktor kecepatan.

Apalagi kini timnas akan bermain dihadapan pendukung sendiri. Sebagai tim yang berstatus tuan rumah, jelas memiliki keuntungan yang lebih besar ketimbang tim tamu. Ini yang harus dioptimalkan Ahmad Bustomi dkk. Jangan sampai hal ini justru menjadi bumerang.

Seperti halnya pertandingan sebelumnya, menit-menit awal dan akhir pertandingan akan menjadi sangat krusial. Di awal pertandingan biasanya para pemain belum terlalu berkonsentrasi, sedangkan diakhir pertandingan kemungkinan yang terjadi adalah muncul kelengahan. Tak jarang dari situ tercipta gol lawan. Karena itulah, para pemain harus tetap bermain dengan disiplin tinggi sejak peluit dibunyikan hingga akhir pertandingan.

Turkmenistan yang datang sebagai tim tamu mungkin akan mengubah strategi permainan. Hal itu bisa saja lantaran mereka harus menang dilaga ini jika ingin lolos ke babak berikutnya. Dilihat dari leg pertama, mereka banyak mengandalkan long ball, langsung ke kotak pinalti. Itu dilakukan untuk memanfaatkan postur tinggi mereka.

Sebaliknya timnas meladeni dengan permainan passing-passing cepat. Apa yang dilakukan pelatih timnas, Wim Rijsbergen, dengan menerapkan strategi macam itu sudah tepat karena timnas memiliki kecepatan. Untuk mendukung strategi itu, pelatih Wim pasti sudah mempunyai gambaran siapa yang akan diturunkan di lapangan nanti. Tentu yang mempunyai kondisi fisik prima untuk bermain 2x45 menit.

BolaGoalNet optimis penampilan Tim Merah Putih akan jauh lebih baik ketimbang di Turkmenistan. Dukungan moral suporter membuat mereka tampil bersemangat dan determinasi tinggi kendati sebenarnya hasil 0-0 sudah bisa membuat timnas lolos ke babak berikutnya.

Sebaliknya timnas tetap menampilkan permainan cepat dan menyerang. Jangan sampai membiarkan lawan menguasai bola terlalu lama. Pertahanan harus diorganisasi dengan baik. Pelanggaran yang tidak perlu harus dihindari. Duel-duel hading juga harus kita menangi.

Jika hal itu dilakukan, pasti timnas bisa meraih hasil memuaskan. Sekali lagi, kedisiplinan yang diperagakan Christian Gonzales cs akan memegang peranan kunci di pertandingan nanti. 


Video persiapan Turkmenistan jelang leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 28 Juli 2011











No comments:

Post a Comment